Setelah Tamat SMA, apa yang kamu RENCANAKAN ?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah meliris secara resmi jadwal Ujian Nasional (UN) 2013, dimana informasi ini bisa kita lihat melalui website resmi Balitbang ( Badan Penelitian dan Pengembangan). Berdasarkan Informasi jadwal UN 2013 yang tercantum pada POS (Prosedur Operasi Standar) UN, terlihat bahwa UN tingkat SMA/MA akan diselenggarakan sebentar lagi yaitu pada tanggal 15 - 18 April 2013. Sementara untuk tingkat SMK dan SMALB, UN akan digelar pada tanggal 15 - 17 April 2013. Ini berarti tinggal 3 bulan lagi mereka akan meninggalkan bangku sekolah, dan ini waktu yang relatif singkat.






"Setelah Tamat (SMA/MA) akan melanjutkan kemana ?" ini adalah pertanyaan yang akan paling sering dihadapi siswa/i SMA ketika mereka akan meninggalkan bangku sekolah, dan ada beberapa jawaban yang biasanya diungkapkan oleh mereka diantaranya : 



"Saya akan melanjutkan kuliah, Karena KEMAUAN ORANG TUA,orang tua saya mau saya jadi sarjana | Trus kemauan kamu apa ? "

"Saya akan melanjutkan kuliah, karena TEMAN - TEMAN  saya semua kuliah jadi malu kalu enggak kuliah | Kenapa harus malu kalu enggak kuliah ? " 

"Saya akan bekerja dulu sebelum melanjutkan kuliah, karena kuliah butuh BIAYA BESAR | yakin bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah ? "

"Saya gak mau kuliah, pengen langsung kerja, karena udah MALAS BELAJAR, pengen cari uang " | yakin akan dapat kerja hanya bermodalkan Ijazah SMA ?

"Saya masih BINGUNG mau kemana"



Jika kamu kuliah dikarenakan kemauan orang tua, itu sama aja kamu menenggelamkan dirimu kedalam sumur yang dalam, kuliah itu bukan hanya sekedar menuruti keinginan orang tua atau sekedar gaya - gayaan ikut temen - temen. Kuliah itu adalah salah satu jembatan menuju masa depan yang cemerlang jika kamu menekuni nya karena akan menjadi ladang ilmu buat kamu, tapi sebaliknya akan menjadi pedang untuk membunuh dirimu sendiri, jika kamu hanya berniat untuk bermain - main didalamnya.

Saat ini banyak mahasiswa DO dari kampus/universitas negeri ataupun swasta, dikarenakan mereka tidak berminat dengan jurusan yang mereka pilih, tidak mau menyelesaian Tugas Akhir (SKRIPSI), dan ada juga yang dikarenakan uang kuliah yang semakin besar jumlahnya. Namun ada juga yang berhasil menamatkan sarjana nya namun setelah tamat, dia bingung mau kerja apa, karena tidak memiliki SKILL (Kemampuan). Bayangkan jika banyak lowongan pekerjaan, namun tidak ada satupun yang bisa dilamar, dikarenakan Skill yang seharusnya dimiliki namun tidak dimiliki sama sekali. Hal tersebut lah salah satu yang menyebabkan banyak tamatan universitas di Indonesia yang tidak mendapatkan pekerjaan, bukan karena tidak ada lowongan pekerjaan.

Sedangkan buat temen - temen yang kuliah sambil kerja, bisa diacungi jempol, karena bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja, namun jangan sampai ada yang dikorbankan, karena kedua -duanya harusnya saling bersinergi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat temen - temen yang malas buat belajar, dan pengen terus kerja, bisa kamu bayangkan, pekerjaan apa yang bisa kamu kerjakan kalau kamu cuma tamat SMA ?, kalau kamu mempunyai jiwa kewirausahaan yang baik, secara perlahan kamu mungkin bisa menjadi pengusaha sukses, namun jika tidak ??. 

Sedangkan buat adik-adik yang masih bingung mau kemana, banyak alternatif yang baik buat menata masa depan kamu, seringlah mencari informasi, mulailah dari orang - orang terdekatmu, jika kamu belum mendapatkan informasi yang kamu inginkan, kamu bisa pergi ke browsing di Internet mencari informasi, bukan hanya sekedar buat buka twitter/facebook, terlebih saat ini sudah masuk ke era digital, mendapatkan informasi bukanlah hal yang sulit.

BELUM TERLAMBAT!!! dan jangan pernah bilang Terlambat selama masih ada kemauan dalam dirimu, Ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan setelah tamat SMA, yaitu :

1. KULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI ATAU SWASTA

Buat adik - adik yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, sejak SMA biasanya mereka sudah mempersiapkan perencanaan dengan baik, mau kuliah dimana, mau milih jurusan apa. Memilih untuk kuliah saat ini bukan lah hal yang mudah, beberapa hal yang harus dilakukan :

  • Sesuaikan JURUSAN yang dipilih dengan minat dan kemampuan adik-adik. Tidak perlu ikut-ikutan teman, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat. Bila  belum mengetahui apa yang menjadi minat dan kemampuan kamu, bisa meminta bantuan pendapat guru atau bantuan Psikologi.
  • Pertimbangkan PERGURUAN TINGGI yang akan dimasuki, akreditasinya, mutu dosen-dosennya, lingkungan kampusnya, fasilitasnya, dan kualitasnya di pandangan masyarakat. 
  • Pilihlah PERGURUAN TINGGI NEGERI atau PERGURUAN TINGGI SWASTA, jika kamu ingin masuk ke perguruan Tinggi negeri, maka akan ada jalur seleksi yang lebih sulit, dan butuh persiapan yang lebih tinggi,para pesaing juga akan lebih banyak, dibandingkan kuliah di Perguruan Tinggi Swasta.
  • Pilihlah JALUR PENDIDIKAN DIPLOMA atau JALUR PENDIDIKAN SARJANA. Pendidikan Diploma biasanya akan fokus pada skills (kemampuan), sedangkan Pendidikan Sarjana fokus pada pengembangan keilmuannya, jadi akan lebih banyak mikir dan menganalisa konsep. 
  • BIAYA. Untuk hal ini perlu memperhitungkan sumber daya, apakah dari orangtua, beasiswa, atau membiayai sendiri.
  • Kuliah DI LUAR KOTA atau DALAM KOTA, akan tetap tinggal dengan orangtua atau pergi merantau ke daerah orang lain. Hal ini harus disesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih. Belum tentu jurusan yang ingin dipilih ada di lokasi daerah tempat tinggal. 

2. KURSUS (PELATIHAN)

Kursus dapat meningkatkan keterampilan yang siap pakai. Kursus lebih banyak praktek daripada teori. Bahkan sering dilengkapi dengan magang atau praktek kerja. Jenis kursus yang bisa ditempuh pun banyak dengan biaya dan fasilitas yang bervariasi. Ada beberapa pilihan untuk kursus yaitu:


  • KURSUS KOMPUTER: Kursus ini ditujukan bagi yang suka komputer,  bisa kursus desain grafis supaya bisa merancang logo, desain kaos, banner dan sebagainya.  Bisa juga bikin komik atau film kartun kalau kursus animasi 3 dimensi. Merancang website keren dipelajari di kursus desain web.
  • KURSUS MENJAHIT DAN MEMASAK : Kursus ini ditujukan bagi yang suka mode ikutan aja kursus desain fashion, kamu bisa jadi desainer top. Kursus menjahit atau memasak pun bukan hal tabu untuk diikuti. Banyak penjahit bagus bisa berpenghasilan tinggi dengan membuka usaha menjahit di rumah. Begitu juga dengan koki atau chef yang bisa menyajikan masakan enak, bisa buka usaha sendiri atau kerja di restoran ternama.
Masih banyak jenis kursus lainnya. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Pada umumnya biaya kursus lebih murah daripada kuliah. Waktunya pun lebih singkat. Ilmu dan keterampilan yang didapatkan bisa langsung diterapkan untuk melamar kerja atau buka usaha.


3. BERWIRAUSAHA 

Tamat sekolah, lalu melanjutkan berwirausaha, atau punya usaha sendiri ?. Hal ini adalah hal yang mungkin saja untuk dilakukan, terlebih jika punya darah pengusaha, maka akan mudah menjadi pengusaha.

Kendala utama menjadi pengusaha biasanya katanya adalah Modal, namun apakah Modal cuma uang ??, tidak bukan, modal bisa berupa kemauan, kemampuan, kepercayaan, dan lain - lain. Banyak usaha yang bisa dilakukan oleh anak muda, dan bisa disesuaikan dengan minat dan kemauan yang dimiliki. Diantaranya adalah bikin bengkel, warnet,  game online, distro, kios pulsa, cafe atau warung makan, dan sebagainya. Kalau mau jadi pengusaha gak boleh gengsi biar usahanya lancar.


4. BEKERJA

Ada beberapa hal yang menyebabkan siswa/i tamatan SMA sederajat enggan melanjutkan pendidikan dengan kuliah, diantaranya karena kondisi keuangan keluarga yang tidak memungkinkan atau karena tidak ingin kuliah, agar bisa segera mencari uang. Jika memilih bekerja, maka pertimbangkan lapangan kerja yang ada, lapangan kerja untuk tamatan SMA sangat sedikit. Mungkin adik - adik bisa melamar pekerjaan menjadi Customer Service, Office Boy, Cleaning Service, SPG, dan Administrasi. Namun jika mempunyai skill yang baik, bisa menjadi BEKERJA MANDIRI, seperti pengajar les privat, desainer web, pelatih olahraga, dan sebagainya. Namun untuk bekerja mandiri, kita harus punya ilmu dan keterampilan yang memadai.


5. MENIKAH
 
Ada orang tua lebih memilih menikah kan anaknya setelah tamat SMA, biasanya anak Perempuan, karena ingin kuliah tidak ada biaya, dan sulitnya mencari pekerjaan. Tapi, menikah bukanlah pilihan yang baik menurut saya, tamat SMA biasanya usia baru 18 - 19 tahun, dan usia ini bukan lah usia yang matang untuk seorang anak berada dalam dunia pernikahan. Selain emosi yang belum stabil, tanggung jawab juga akan semakin besar jika sudah menikah.


6. MENJADI PENGACARA " Pengangguran Banyak Acara"

Ingin kuliah tidak ada biaya, ingin bekerja tidak ada kesempatan untuk bekerja, mau menikah tidak ada orang yang mau menikahi/dinikahi. Alternatif lain adalah menjadi Pengacara " Pengangguran Banyak Acara" . Namun ini bukan alternatif yang dianjurkan, karena masih banyak hal yang bisa dilakukan.


Sudah tau mau kemana ??

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika kita tamat dari bangku sekolah baik SMA, SMK, MA atau sederajat lainnya. Hal yang utama adalah milikilah pribadi yang kreatif dan produktif. Allah memberikan setiap manusia dengan kemampuan dan keberuntungan serta rejeki yang tidak sama, namun bukan hal mustahil bisa berubah selama berusaha.

Jangan bingung, dan jangan ada kata menyerah adik - adik,  Selain berusaha teruslah meminta kepada Allah SWT. Insyaallah semua harapan akan menjadi nyata. Semangatttttt.....


Wassalam.





4 comments

  1. Terima Kasih, Kak...
    Semoga ilmunya bermanfaat bagi banyak orang....
    ^^

    ReplyDelete
  2. keren, jadi nggak bingung lagi kakak ^^ thanks banget!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.